Cara Mudah Apply Visa Korea Selatan

Pengalaman apply visa korea selatan bisa dibilang ngeri-ngeri sedap. Syarat dokumen untuk permohonan visa sebenernya sudah lengkap dan bisa diakses di http://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2711/list.do. Namun, informasi yang berkeliaran di internet dan hasil wawancara dari teman-teman gue yang sudah pernah apply visa menyatakan beberapa dokumen yang tidak diminta di website resmi juga mereka bawa. Alasannya simple sih, supaya aman aja jadi dokumennya selengkap mungkin apapun yang bisa mendukung kemampuan finansial kita. Nah sepertinya itu merupakan kategori paling dipertimbangkan oleh kedubes korsel.

Syarat dokumen di situs resmi seperti ini:

Demi mempersingkat waktu tunggu saat pengajuan, pemohon visa diwajibkan untuk melengkapi dan menyusun dokumen dengan urutan sebagai berikut:

▣ Period Pelaksanaan : Mulai tanggal 2 Maret 2018

  • Dokumen Persyaratan dan Susunan Dokumen
  1. Formulir Aplikasi Visa (foto langsung ditempel pada kolom foto). Isi Formulir dengan lengkap
  1. Paspor Asli dan Fotokopi Identitas Paspor (paspor lama jika ada). Jika sudah pernah mengunjungi Amerika atau Negara OECD lampirkan fotokopi visa Negara tersebut. Selain Visa Negara OECD, tidak perlu melampirkan fotokopi Visa
  1. Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa (Asli)
    • Pelajar/Mahasiswa : Surat Keterangan Mahasiswa/pelajar dalam bahasa Inggris
    • Karyawan : Surat Keterangan Kerja dalam bahasa Inggris
    • Wiraswasta : Fotokopi SIUP
  2. Dokumen Keuangan
    • Rekening Koran, Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT) atau Slip Gaji
    • Pelajar/Mahasiswa wajib melampirkan Rekening Koran Orang Tua
    • Ibu Rumah Tangga ataupun yang tidak bekerja dan tidak memiliki rekening koran pribadi, wajib melampirkan rekening Koran Suami/Istri.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga, jika ada pengundang pribadi ataupun perusahaan pengundang, wajib melampirkan tambahan dokumen dibawah ini
  1. Surat Undangan, Fotokopi SIUP Perusahaan Pengundang, Surat Jaminan, Fotokopi Identitas Pengundang
  2. Tujuan untuk belajar, lampirkan Certificate of Admission
  3. Tujuan dengan waktu tinggal lebih dari 90 hari, lampirkan Certificate of Health dari Rumah Sakit yang telah ditunjuk oleh Kedubes Korea.

※ Tiket Pesawat dan reservasi tempat menginap bukan persyaratan dan tidak perlu dilampirkan

※ Dokumen di atas wajib disusun sesuai urutan dan distreples dengan rapi.

Dari pengumuman di atas, ada beberapa poin yang mau gue bahas:

  1. Daftar Negara OECD kemarin gue google sendiri dan ketemu di http://www.oecd.org/about/membersandpartners/list-oecd-member-countries.htmKarena dulu pernah apply visa Prancis (Schengen) jadi gue fotokopi halaman visa di passport.
  2. Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT). Untuk pegawai swasta lampirin Bukti potong pajak tahunan yang 1721-A1 tahun sebelumnya (misalnya apply tahun 2018, pake bukti potong yang dikasih perusahaan untuk tahun pajak 2017). Untuk PNS form 1721-A2. Form ini tinggal di kopi aja dari yang asli dikasih perusahaan. Oh ya ini hak kalian sebagai pegawai ya seharusnya perusahaan memberikan ini karena diperlukan untuk lapor SPT Tahunan juga.
  3. Rekening Koran. Nah ini yang masih seliweran harus berapa bulan. Kebanyakan blog yang gue baca bilang minimal 3 bulan jadi gue print 3 bulan. Gue asumsikan rekening koran ini jadi krusial buat yang wiraswasta karena ga ada bukti potong SPT. Kalau kalian wiraswasta yang bayar pajak sebulan sekali (0,5%), lampirin aja bukti pembayaran negaranya supaya lebih afdol. Tapi rekening Koran hukumnya wajib disini untuk memastikan kemampuan finansial kalian.
  4. Fotokopi KK dibawa aja karena diminta meskipun ada kata-kata “Jika ada pengundang pribadi ataupun perusahaan pengundang, wajib melampirkan tambahan dokumen dibawah ini” dan kalian bukan kategori tersebut.
  5. Gue pribadi hanya melampirkan surat keterangan kerja, rekening Koran 3 bulan, dan bukti potong pajak (WAJIB). Buat tambahannya gue lampirkan juga surat keterangan penghasilan dari bendahara dalam bahasa inggris (TIDAK WAJIB)
  6. hanya untuk jaga-jaga Karena parno. Oh ya, teman-teman gue semua pake surat keterangan bank. Gue si ga pake itu karena malas bayar 50.000 (kalau ga salah) hahahaha dan juga ga diminta. Alhamdulilah diterima juga.

PENGAJUAN PERMOHONAN VISA

  1.  Setelah dokumen komplit, kalian bisa pergi ke kedubes korsel di daerah gatot subroto persis di samping RS Medistra. Pengajuan visa hanya bisa diajukan pagi hari dari jam 9 sampai istirahat makan siang.Waktu datang gue parkir motor di Medistra dan keluar lewat pintu belakang dan masuk Kedubes dari jalan belakang (ada pintu depan dan belakang). Ternyata di dekat pintu belakang kedubesnya ada parkir motor liar gitu yang biasa dipake sama agen-agen kayaknya. Untuk parkir mobil ada dalam kedubesnya. (motor selalu teraniaya ya~)
  2. Pergilah ke Bank KEB HANA disamping kantor pengajuan visa untuk membeli VISA STAMP. Waktu itu harganya Rp 592.000 sesuai dengan kurs mereka (kurs suka suka mereka wakaka). Setelah dapat disimpan baik-baik ya karena serem juga tuh Cuma kertas gitu doang harganya bisa makan di Marugame Udon 9 kali.
  3. Jalan dikit ke kantor pengajuan visa di bagian belakang kedubesnya. Ambil antrian sama abang satpam dan duduk manis. Setelah dipanggil dan dicek dokumen-dokumennya kalian akan diberikan tanda terima untuk pengambilan (kalau diterima). Waktu jadinya 6 hari kerja sesuai informasi dari mereka. Untuk tanggal pengambilan akan dicantumkan di tanda terimanya. Waktu pengambilan pukul 14:00- 16:00
  4.  Kalian bisa mengecek permohonan kalian di internet di situs resmi mereka:
    • http://overseas.mofa.go.kr/id-id/index.do lalu pilih menu Cek Status Permohonan
    • Setelah itu pilih menu Check Application Status & Print
    • Pilih Diplomatic Office (karena kalian apply di kedubes korsel). Masukkan nomor passport, nama kalian (Nama Belakang[spasi]Nama Depan), dan tanggal lahir. Klik Search.
    • Apabila disetujui maka status passport kalian menjadi “APPROVED”. Contoh dibawah ss ketika gue udah ngambil passport jadinya statusnya “PASSPORT RETURNED”
  5. Setelah statusnya approved, baru mengambil visa yang sudah jadi di kedubes sesuai dengan tanggal pengambilan ya! Ingat jam 14.00 – 16.00 untuk pengambilannya.

Buat kalian yang mau tau rincian biaya untuk jalan-jalan ke korea selatan bisa nyimak di blog temen gue di sini.

SEMOGA BERUNTUNG!

header photo by: Nadya Sabran

One Comment Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *